Proses Bisnis

Keterangan Proses Bisnis Sistem Penerimaan Pesanan Dari Customer Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1. Customer membuat daftar barang yang di pesan untuk diserahkan kepada Bagian Penjualan.
2.     Bagian Penjualan Menyerahkan daftar pesanan kepada Bagian Gudang.
3. Bagian Gudang menyerahkan daftar barang sesuai pesanan kepada Bagian Penjualan.
4.     Bagian Penjualan membuat nota penjualan, lalu diserahkan kepada Customer.
5. Customer memvalidasi nota penjualan dan menyerahkan nota penjualan tervalidasi kepada Bagian Penjualan.

Keterangan Proses Bisnis Sistem Pengiriman Barang Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1.     Bagian Keuagan membuat 2 rangkap nota pengeluaran barang untuk diserahkan kepada Bagian Penjualan.
2.     Bagian Penjualan mengarsip 1 rangkap nota pengeluaran barang dari Bagian Keuangan dan membuat 2 rangkap surat jalan, selanjutnya menyerahkan 1 rangkap nota penjualan beserta 2 rangkap surat jalan kepada Bagian Gudang.
3.     Bagian Gudang mengarsip 1 rangkap nota pengeluaran barang dari Bagian Penjualan kemudian menyerahkan 2 rangkap surat jalan beserta barang pesanan kepada Bagian Pengiriman.
4.     Bagian Pengiriman Menyerahkan 2 rangkap surat jalan beserta barang pesanan kepada Customer.
5.     Customer memvalidasi 2 rangkap surat jalan dan mengarsip 1 surat jalan tervalidasi beserta barang pesanan, selanjutnya menyerahkan 1 rangkap surat jalan tervalidasi kepada Bagian Pengiriman.
6.     Bagian Pengiriman menyerahkan surat jalan tevalidasi kepada Bagian Gudang.
7.     Bagian Gudang membuat 2 rangkap laporan stock barang, mengarsip 1 rangkap laporan stock barang, dan menyerahkan 1 rangkap laporan stock barang kepada Pimpinan.


Keterangan Proses Bisnis Sistem Penagihan Kas Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1.     Bagian Kredit Membuat 3 rangkap daftar piutang yang ditagih dan 1 rangkap diarsip, serta menyerahkan 1 rangkap daftar piutang yang di tagih kepada Bagian Keuangan.
2.     Bagian Kredit menyerahkan Daftar Piutang yang ditagih kepada Bagian Akuntansi.
3.     Bagian Kredit Membuat 4 rangkap surat penagihan dan diserahkan kepada Bagian Penagihan.
4.     Bagian Penagihan menyerahkan 4 rangkap surat penagihan kepada Customer.
5.     Customer memvalidasi 4 rangkap surat penagihan, mengarsip 1 surat penagihan tervalidasi, dan menyerahkan 3 rangkap surat penagihan tervalidasi beserta bukti pembayaran (uang/cek).
6.     Bagian Penagihan menyerahkan 1 rangkap surat penagihan tervalidasi kepada Bagian Kredit.
7.     Bagian Penagihan menyerahkan 1 rangkap surat penagihan tervalidasi beserta bukti pembayaran (uang/cek) kepada Bagian Keuangan.
8.     Bagian Penagihan menyerahkan 1 rangkap surat penagihan tervalidasi kepada Bagian Akuntansi.
9.     Bagian Keuangan membuat 2 rangkap bukti setoran bank kemudian menyerahkan 2 rangkap bukti setoran bank beserta bukti pembayaran (uang/cek) kepada Bank.
10.   Bank memvalidasi 2 rangkap bukti setoran bank, mengarsip 1 rangkap bukti setoran bank tervalidasi serta bukti pembayaran (uang/cek), dan menyerahkan 1 rangkap bukti setoran bank tervalidasi kepada Bagian Keuangan.
11.   Bagian Keuangan menyerahkan bukti setoran bank tervalidasi kepada Bagian Akuntansi.
12.   Bagian Akuntansi membuat 2 rangkap laporan penerimaan kas, 1 rangkap diarsip dan 1 rangkap lainnya diserahkan kepada Pimpinan.


Keterangan Proses Bisnis Sistem Piutang Dagang Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1.     Customer menyerahkan data diri kepada Bagian Penjualan.
2.     Bagian Penjualan menyerahkan data diri customer kepada Bagian Kredit.
3.     Bagian Kredit membuat 3 rangkap surat perjanjian kredit dan diserahkan kepada Bagian Penjualan.
4.     Bagian Penjualan menyerahkan 3 rangkap surat perjanjian kredit kepada Customer.
5.     Customer memvalidasi 3 rangkap surat perjanjian kredit, mengarsip 1 rangkap surat perjanjian kredit tervalidasi, dan menyerahkan 2 rangkap surat perjanjian kredit tervalidasi kepada Bagian Penjualan.
6.     Bagian Penjualan mengarsip 1 rangkap surat perjanjian kredit tervalidasi dan menyerahkan 1 rangkap surat perjanjian kredit tervalidasi kepada Bagian Kredit.
7.     Customer membuat daftar barang yang dipesan untuk diserahkan kepada Bagian Penjualan.
8.     Bagian Penjualan menyerahkan daftar barang pesanan kepada Bagian Gudang.
9.     Bagian Gudang membuat 2 rangkap daftar barang sesuai pesanan untuk diserahkan kepada Bagian Penjualan.
10.  Bagian Penjualan mengarsip 1 rangkap daftar barang sesuai pesanan dan menyerahkan 1 rangkap daftar barang sesuai pesanan kepada Bagian Kredit.
11.  Bagian Kredit membuat 2 rangkap laporan aging schedule, mengarsip 1 rangkap laporan aging schedule, dan menyerahkan 1 laporan aging schedule kepada Pimpinan.


Keterangan Proses Bisnis Sistem Permintaan Cek Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1.     Pengguna Dana menyerahkan nota pengeluaran kepada Bagian Keuangan.
2.     Bagian Keuangan membuat 2 rangkap surat permintaan cek kemudian menyerahkan 2 rangkap surat permintaan cek beserta nota pengeluaran kepada Bagian Akuntansi.
3.     Bagian Akuntansi memvalidasi 2 rangkap surat permintaan cek, mengarsip 1 rangkap surat permintaan cek tervalidasi, dan menyerahkan 1 rangkap surat permintaan cek tervalidasi kepada Pimpinan.
4.     Bagian Pimpinan membuat cek kemudian menyerahkan cek beserta surat permintaan cek tervalidasi kepada Bagian Keuangan.
5.     Bagian Keuangan mengarsip 1 rangkap surat permintaan cek tervalidasi dan memberikan cek kepada Pengguna Dana.
6.     Bagian Akuntansi membuat 2 rangkap laporan pengeluaran kas, mengarsip 1 rangkap laporan pengeluaran kas, dan menyerahkan 1 rangkap laporan pengeluaran kas kepada Pimpinan.


Keterangan Proses Bisnis Sistem Pembuatan Bukti Kas Keluar Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1.     Pengguna Dana menyerahkan nota pengeluaran kas kepada Bagian Keuangan.
2.     Bagian Keuangan membuat surat permintaan pengeluaran kas dan menyerahkan surat permintaan pengeluaran kas beserta nota pengeluaran kas kepada Bagian Akuntansi.
3.     Bagian Akuntansi memvalidasi surat permintaan pengeluaran kas, lalu menyerahkan surat permintaan pengeluaran kas tervalidasi kepada Bagian Keuangan.


Keterangan Proses Bisnis Sistem Pengeluaran Kas Secara Tunai Di PT. Kharisma Medica Abadi:
1.     Bagian Keuangan menyerahkan 2 rangkap bukti kas keluar kepada Pengguna Dana.
2.     Pengguna Dana memvalidasi 2 rangkap bukti kas keluar, mengarsip 1 rangkap bukti kas keluar tervalidasi, dan menyerahkan 1 rangkap bukti kas keluar tervalidasi kepada Bagian Keuangan.
3.     Bagian Keuangan menyerahkan bukti kas keluar tervalidasi kepada Bagian Akuntansi.
4.     Bagian Akuntansi membuat 2 rangkap laporan pengeluaran kas, mengarsip 1 rangkap laporan pengeluaran kas dan menyerahkan 1 rangkap laporan pengeluaran kas kepada Pimpinan.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar